Latest News

7 March, 2018

Kadin: Pertanian Harus Jadi Tulang Punggung Ekonomi Indonesia

By Felani Galih PrabawaIn Beritawith Comments Off on Kadin: Pertanian Harus Jadi Tulang Punggung Ekonomi Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan menggelar Jakarta Food Security Summits (JFSS) ke-4 pada 8-9 Maret 2018 di Jakarta Convention Center (JCC). Acara itu menyasar tema Pemerataan Ekonomi Sektor Pertanian, Peternakan dan Perikanan melalui Kebijakan dan Kemitraan.

Adapun penyelenggaraan JFSS ke-4 itu akan bertepatan dengan ulang tahun Kadin yang ke-50 tahun.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan, pertanian, peternakan dan perikanan adalah sektor yang penyerapan tenaga kerjanya paling banyak, tapi sumbangsihnya terhadap pertumbuhan ekonomi negara kecil.

“Sektor-sektor tersebut adalah sektor yang penyerapan tenaga kerjanya paling banyak, hampir 50 juta, sekitar 32 persen. Tapi pertumbuhan pdb-nya tiap tahun hanya 3-4 persen,” tukasnya saat konferensi pers di Menara KADIN, Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Dia menginginkan, ketiga sektor tersebut, terutama pertanian, dapat menjadi alat pemerataan ekonomi melalui sistem kebijakan dan kemitraan.

Kadin sendiri sejauh ini telah bekerjasama dengan 24 perusahaan. Rosan mengungkapkan, ia hendak menerapkan pola kemitraan tersebut di seluruh komoditas lainnya.

Lebih lanjut dia berharap, pertanian bisa menjadi salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia, yang mana juga berperan dalam perluasan lapangan kerja.

“Kita sudah bermitra dengan sekitar 430 ribu petani. Ke depannya, kita ingin merangkul 1 juta petani untuk diajak bekerjasama,” pungkas dia.

 

Sumber: Liputan6

Scroll to top