Surety Bond

SURETY BOND

Surety bond merupakan suatu produk inovatif perusahaan penjaminan sebagai upaya pengambilalihan potensi resiko kerugian yang mungkin dapat dialami oleh salah satu pihak atas kepercayaan yang diberikannya pada pihak lain dalam pelaksanaan kontrak yang telah disepakati oleh mereka.

Dasar Hukum
  1. Undang – undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2016 tentang Penjaminan
  2. Surat Direktur Kelembagaan dan Produk IKNB Otoritas Jasa Keuangan Nomor S-5413/NB.111/2015 Tanggal 7 Oktober 2015 Tentang Pencatatan Laporan Produk Penjaminan Surety Bond PT Jamkrida Jakarta
  3. Surat Direktur Kelembagaan dan Produk IKNB Otoritas Jasa Keuangan Nomor S-5425/NB.111/2015  Tanggal 8 Oktober 2015 Tentang Pencatatan Laporan Produk Penjaminan Kontra Bank Garansi PT. Jamkrida Jakarta.
Macam-Macam Surety Bond

Bid Bond atau Jaminan Penawaran adalah jaminan yang diterbitkan oleh Penjamin atas permintaan Terjamin/Principal untuk menjamin penawaran Terjamin/Principal atas suatu proyek/pekerjaan yang diadakan oleh Penerima Jaminan/Obligee.

Performance Bond atau Jaminan Pelaksanaan adalah Surety Bond yang diterbitkan oleh Penjamin atas permintaan Terjamin/Principal untuk menjamin kinerja Terjamin/Principal dalam suatu kontrak/perjanjian dengan Penerima Jaminan/Obligee.

Advance Payment Bond atau Jaminan Uang Muka adalah Surety Bond yang diterbitkan oleh Penjamin atas permintaan Terjamin/Principal untuk menjamin penyelesaian pekerjaan sesuai nilai uang muka yang telah diterima oleh Terjamin/Principal kepada Penerima Jaminan/Obligee sesuai kontrak/perjanjian.

Maintenance Bond atau Jaminan Pemeliharaan adalah Surety Bond yang diterbitkan oleh Penjamin atas permintaan Terjamin/Principal untuk menjamin pelaksanaan perawatan/pemeliharaan atas suatu pekerjaan yang dilakukan oleh Terjamin/Principal kepada Penerima Jaminan/Obligee sesuai dengan kontrak/perjanjian.

Payment Bond atau Jaminan Pembayaran adalah Surety Bond yang diterbitkan oleh Penjamin kepada Penerima Jaminan/Obligee apabila Terjamin/Principal tidak melakukan pembayaran sejumlah nilai dalam waktu yang ditentukan sesuai kontrak yang diperjanjikan antara Penerima Jaminan/Obligee dengan Terjamin/Principal.

TATA CARA PENGAJUAN

Scroll to top